Apa itu Pembelajaran Berdiferensiasi dan Bagaimana Bentuk RPP nya?
Pembelajaran Berdiferensiasi adalah suatu upaya dari guru untuk
merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran dengan
mengakomodasi kebutuhan murid yang beragam/unik. Hal pertama yang dilakukan
oleh guru dalam mengintegrasikan pembelajaran berdiferensiasi adalah menetapkan
tujuan pembelajaran terlebih dahulu. Kemudian langkah kedua dengan melakukan
pemetaan kebutuhan murid. Kebutuhan murid ini dilihat dari kesiapan belajar,
minat, dan profil belajarnya. Kesiapan belajar yang dimaksud adalah guru harus
mampu mengetahui kesiapan pengetahuan awal yang dimiliki murid untuk
mempelajari suatu topik/materi.
Cara yang dapat dilakukan oleh guru
untuk mengetahui kesiapan belajar murid adalah dengan memberikan pre-assessment
atau pre-test. Hasil dari pre-assessment tersebut dapat membantu
guru untuk mengelompokkan murid berdasarkan kesiapan belajar mereka. Kemudian
terkait minat murid, bagaimana seorang guru mampu memberikan materi atau tugas
yang dapat memicu keingintahuan atau hasrat dalam diri seorang murid. Sementara,
profil belajar murid adalah terkait bagaimana tugas yang dikerjakan tersebut
memberikan kesempatan bagi mereka untuk bekerja dengan cara yang mereka sukai.
Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui minat dan profil belajar
murid adalah dengan memberikan survey atau tes diagnosis non kognitif
awal, sehingga guru mampu mengetahui apa kesukaan murid dan bagaimana gaya
belajar mereka (visual, auditori, kinestetik, atau kombinasi).
Setelah melakukan pemetaan kebutuhan
belajar murid, guru kemudian merencanakan penilaian yang akan dilakukan untuk
mengukur pencapaian tujuan pembelajaran tersebut yang disesuaikan dengan
pemetaan yang sudah dilakukan. Kemudian Langkah keempat adalah dengan
menentukan kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan ini
meggunakan Strategi Pembelajaran Diferensiasi yang terdiri dari
diferensiasi konten, proses, dan produk. Diferensiasi konten merupakan
variasi dalam hal materi atau akses belajar, bagaimana seorang guru menyajikan
isi materi atau memberi akses yang dapat digunakan murid untuk belajar.
Selanjutnya terkait diferensiasi proses menyangkut bagaimana
mengkondisikan proses pembelajaran sehingga murid mampu memahami konsep dari
suatu topik/materi ajar.
Diferensiasi proses yang dilakukan
dapat berupa pembelajaran kelompok, mandiri, atau proses tertentu yang
dilakukan oleh guru yang mampu mengakomodasi kebutuhan belajar murid sehingga
mereka mampu mengeksplorasi konsep dan pemahamannya untuk mencapai tujuan
belajarnya. Terakhir terkait diferensiasi produk adalah berhubungan
dengan variasi dalam hal produk/hasil belajar murid, dimana guru memberikan
kebebasan bagi murid sesuai dengan kebutuhan belajarnya dalam menyajikan hasil dari
proses pembelajaran yang sudah mereka lakukan, namun guru perlu untuk
memberikan contoh produk yang dimaksud dalam penilaian tersebut sehingga murid
menjadi jelas terkait rubrik penilaiannya.
Nah bagaimana sesungguhnya bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dari pembelajaran berdiferensiasi ini? Untuk mendownloadnya silahkan klik tautan berikut ini.
tq mba made
BalasHapus