Senin, 22 Maret 2021

RPP Pembelajaran Berdiferensiasi

 Apa itu Pembelajaran Berdiferensiasi dan Bagaimana Bentuk RPP nya?

Pembelajaran Berdiferensiasi adalah suatu upaya dari guru untuk merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran dengan mengakomodasi kebutuhan murid yang beragam/unik. Hal pertama yang dilakukan oleh guru dalam mengintegrasikan pembelajaran berdiferensiasi adalah menetapkan tujuan pembelajaran terlebih dahulu. Kemudian langkah kedua dengan melakukan pemetaan kebutuhan murid. Kebutuhan murid ini dilihat dari kesiapan belajar, minat, dan profil belajarnya. Kesiapan belajar yang dimaksud adalah guru harus mampu mengetahui kesiapan pengetahuan awal yang dimiliki murid untuk mempelajari suatu topik/materi.

Cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengetahui kesiapan belajar murid adalah dengan memberikan pre-assessment atau pre-test. Hasil dari pre-assessment tersebut dapat membantu guru untuk mengelompokkan murid berdasarkan kesiapan belajar mereka. Kemudian terkait minat murid, bagaimana seorang guru mampu memberikan materi atau tugas yang dapat memicu keingintahuan atau hasrat dalam diri seorang murid. Sementara, profil belajar murid adalah terkait bagaimana tugas yang dikerjakan tersebut memberikan kesempatan bagi mereka untuk bekerja dengan cara yang mereka sukai. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui minat dan profil belajar murid adalah dengan memberikan survey atau tes diagnosis non kognitif awal, sehingga guru mampu mengetahui apa kesukaan murid dan bagaimana gaya belajar mereka (visual, auditori, kinestetik, atau kombinasi).

Setelah melakukan pemetaan kebutuhan belajar murid, guru kemudian merencanakan penilaian yang akan dilakukan untuk mengukur pencapaian tujuan pembelajaran tersebut yang disesuaikan dengan pemetaan yang sudah dilakukan. Kemudian Langkah keempat adalah dengan menentukan kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan ini meggunakan Strategi Pembelajaran Diferensiasi yang terdiri dari diferensiasi konten, proses, dan produk. Diferensiasi konten merupakan variasi dalam hal materi atau akses belajar, bagaimana seorang guru menyajikan isi materi atau memberi akses yang dapat digunakan murid untuk belajar. Selanjutnya terkait diferensiasi proses menyangkut bagaimana mengkondisikan proses pembelajaran sehingga murid mampu memahami konsep dari suatu topik/materi ajar.

Diferensiasi proses yang dilakukan dapat berupa pembelajaran kelompok, mandiri, atau proses tertentu yang dilakukan oleh guru yang mampu mengakomodasi kebutuhan belajar murid sehingga mereka mampu mengeksplorasi konsep dan pemahamannya untuk mencapai tujuan belajarnya. Terakhir terkait diferensiasi produk adalah berhubungan dengan variasi dalam hal produk/hasil belajar murid, dimana guru memberikan kebebasan bagi murid sesuai dengan kebutuhan belajarnya dalam menyajikan hasil dari proses pembelajaran yang sudah mereka lakukan, namun guru perlu untuk memberikan contoh produk yang dimaksud dalam penilaian tersebut sehingga murid menjadi jelas terkait rubrik penilaiannya.

Nah bagaimana sesungguhnya bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dari pembelajaran berdiferensiasi ini? Untuk mendownloadnya silahkan klik tautan berikut ini.

1 komentar: