Senin, 15 Juni 2020

Bagaimana Cara Membuat Blog Guru dengan Mudah?

Sebagai guru tentunya kita sadar bahwa tugas kita tidak hanya mengajar di kelas saja, namun juga memiliki kewajiban untuk selalu mengembangkan kompetensi. Guru tidak boleh merasa sudah puas dengan pengetahuan dan kompetensi yang dimiliki, namun harus selalu berusaha untuk bisa meningkatkannya dan mampu beradaptasi dengan perkembangan IPTEK. Hal ini dikarenakan kita tengah memasuki era Pendidikan Abad-21 dimana kita diharapkan memiliki empat kompetensi yaitu: Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, serta Creativity and Innovation. Tidak ketinggalan pula, Literasi ICT memegang peranan yang penting. 
Nah, bagaimana upaya yang dapat kita lakukan sebagai guru untuk mewujudkan hal tersebut? Salah satunya adalah dengan selalu berupaya melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Dalam hal ini guru harus mampu untuk melakukan terobosan-terobosan baru dalam keprofesiannya. 

Caranya?

Banyak cara yang dapat dilakukan, salah satunya adalah dengan mengikuti pelatihan atau Workshop. Namun, dikarenakan sekarang dunia tengah menghadapi pandemi Covid-19, proses pelatihan pun harus dilaksanakan secara online

Apakah bisa???

Tentu, karena penulis sudah mengalami sendiri workshop online dimana penulis sekarang belajar membuat blog guru melalui pelatihan online: Satu Guru Satu Blog.

Satu Guru Satu Blog merupakan salah satu program pengembangan diri yang diprakarsai Ikatan Guru Indonesia (IGI) Pusat untuk memberikan pengetahuan, kepada guru-guru di Indonesia tentang bagaimana cara membuat media pembelajaran berbasis blog (Sumber: klik di sini).

Materi yang disajikan pada pelatihan ini sangat mendetail sehingga saya sebagai peserta sangat mudah untuk mengikutinya. Materi diberikan dalam dua format yaitu Modul dan Video, serta peserta dibuatkan grup Telegram dan terdapat Mentor yang tergabung dalam grup tersebut sehingga para peserta dapat dengan intens mendapatkan masukan dan motivasi dari mentor. Jadi menurut saya, pelatihan ini sangat bermanfaat, dimana saya yang awalnya hanya mampu membuat blog dengan tampilan yang "sangat biasa", sekarang sudah bisa membuat blog dengan tampilan yang menarik. Jadi tunggu apa lagi? Jika kalian berminat untuk bisa membuat blog yang keren, maka jangan ragu-ragu untuk klik tautan berikut Satu Guru Satu Blog

Terima Kasih





Tidak ada komentar:

Posting Komentar